PERMAINAN BILLIARD




Ada kalanya ketika bermain billiard kita suka santai, yaaa bisa juga pada waktu lain menjadi sangat serius atau bahkan pada waktu tertentu juga muncul rasa keraguan, karena apa yaa ?? karena kadang-kadang muncul banyak sekali analisa-analisa permainan yang kita pikirkan supaya dapat bermain dengan maksimal dan bila di sodok bola tepat seperti apa yang kita mau, bener gak sahabat ? saya paling suka begitu hehehe .... sampai terganggu main nya jadi gemes deh main nya, memang masalah ini sering menjadi hambatan ketika kita sedang mau melakukan eksekusi atau menyodok bola, terus gimana yaa cara nya ??
Mari ikutin petunjuk nya semoga membantu dan kita peraktekkan yuk !









Peraturan Permainan Bola 9 Dalam Billiard

Mungkin anda adalah salah satu penggemar billiard di tempat bermain billiard biasanya yang sering dimainkan adalah permainan bola 9. Permainan bola 9 sendiri terdapat terdapat peraturan yang terkadang-kadang berbeda di setiap daerah. Hal ini dikarenakan kebiasaan bermain dari pemain dari tiap-tiap daerah, ada yang menginginkan permainan bola 9 menjadi lebih rumit, atau ada yang diubah aturannya agar menjadi lebih mudah dalam bermain. berikut ini adalah peraturan permainan bola 9 yang sering digunakan untuk pertandingan skala internasional.

- Bola yang digunakan.
Bola yang digunakan adalah bola billiard ( ya iyalah masa bola voly sih ?? ) yang bernomor 1 s/d 9 ditambah bola yang berwarna putih sebagai bola utama.

-Susunan bola pada saat break.
Bola bernomor 1 s/d 9 disusun berbentuk wajik atau diamond. posisi bola bernomor 1 dibagian depan sedangkan nomor 9 diletakkan di tengah- tengah susunan bola.

-Tujuan permainan.
Pemain diharapkan untuk memasukkan bola secara berturut dari nomor 1 s/d 9

-Memasukkan bola.
Memasukkan bola dapat dilakukan secara langsung, yaitu dengan memukul bola bernomor paling kecil yang ada di atas meja , atau dengan mengkombinasikan bola sasaran dengan bola lain yang sekira nya dapat masuk ke dalam lobang meja.

-Pelanggaran.
Pemain dinyatakan melakukan pelanggaran apabila:
Bola yang dipukul bukan merupakan bola bernomor paling kecil yang ada di atas meja,
Bola putih atau bola berwarna melompat dan keluar dari meja permainan,
Bola putih masuk kedalam lobang meja,
Bola putih tidak menyentuh bola sasaran saat dipukul,
Saat bola sasarn dipukul. tidak menyentuh ban atau pinggir dalam meja maupun menyentuh bola bernomor lainnya.

-Ketentuan setelah pelanggaran.
Dalam hal bola putih masuk ke dalam lobang meja, pemain berikut nya memiliki kesempatan untuk meletakkan bola putih dimana saja dalam meja billiard, apabila bola bernomor keluar dari meja ataupun masuk ke dalam lobang karena pelanggaran maka bola tersebut tidak dikembalikan ke atas meja pada titik spot. Apabila ada bola lain yang berada pada titik spot maka bola bernomor 9 ditempatkan pada dekat titik spot. Bola bernomor 9 dikembalikan ke atas meja apapun alasan nya, kecuali bola tersebut dimasukkan kedalam lobang meja secara sah.

-Push Out
Apabila setelah lawan melakukan break dan ternyata tidak ada bola yang masuk dan bola putih terhalang oleh bola lain sehingga bola sasaran tidak bisa dipukul maka lawan dapat melakukan Push Out.

-Ketentuan Push Out
Push Out hanya dilakukan 1 kali dalam permainan yaitu setelah lawan melakukan break . sebelum melakukan Push Out pemain harus memberitahukannya kepada lawan maupun wasit. Apabila pemain tidak memberitahukan kepada lawan maupun wasit maka pukulan yang dilakukan diangggap pelanggaran. Dalam melakukan Push Out bola putih tidak diharuskan mengenai bola lain atau pun ban meja.. Setelah Push Out dilakukan, maka pemain lawan dapat memilih apakah pemain akan melakukan pukulan atau memberikan kembali pukulan tersebut kepada lawan.

-Pemenang
Pemenang dinyatakan menang apabila:
Bola bernomor 9 dimasukkan ke dalam lobang meja secara sah
Pemain lawan melakukan pelanggaran atau foul 3 kali berturut-turut.






Berikut  tips untuk belajar dari orang lain secara otodidak

-Ajaklah seseorang yang lebih mahir untuk bermain
-Jangan sekedar main , walau kemungkinan kalah besar namun ambilah manfaat ketika bermain dengan pemain yang lebih mahir dengan cara bertanya beberapa pukulan yang tidak dipahami karena setidaknya anda tau cara melakukan pukulan tertentu dalam posisi tertentu.
-Tontonlah video pemain dunia atau sebuah siaran langsung kejuaran billiard. Sebelum bola dipukul maka tebaklah dimana pemain tersebut akan menempatkan bola untuk memukul bola selanjutnya. Anggap diri anda menjadi dia dan tebaklah pukulan apa yang akan dilakukan dalam setiap posisi. Tips ini hanya berguna untuk menambah imajinasi variasi penempatan bola karena hanya dengan menonton tidak akan membuat kita semakin mahir.
-Sering- seringlah berlatih sendiri, terutama melakukan pukulan bola sulit berulang-ulang. Amat membosankan namun hasil nya akan terasa manfaatnya ketika bertanding dan harus memukul bola dengan posisi yang mirip ketika sedang latihan.
-Ketika teman anda yang lebih mahir melakukan pukulan yang tampak tidak bisa anda lakukan maka janganlah hanya sekedar bertepuk tangan dan menyorakinya. Tanyakan kepadanya bagaimana melakukannya sekaligus praktekkan.
-Sering-sering ikut turnamen, disini sebagai tempat praktek yang sesungguhnya.